Pengrajin Tas Batik

Pengrajin Tas Batik di bandung adipura mandiri

Batik merupakan suatu bahan yang sudah ada dari jaman dulu kala, bahkan dunia sudah mengakui batik merupakan warisan budaya Indonesia. Jika kita bicara baju batik maka itu sudah kuno, akan tetapi ketika kita berbicara tas batik mungkin belum semua orang mengetahuinya. Ditangan pengrajin, bahan batik disulap menjadi tas yang cantik dan memiliki daya seni yang tinggi. Tentu saja hal ini juga bisa menambah harga jual kain bahan itu sendiri.

Ketika bahan batik sudah disulap menjadi tas, maka akan mendapat nilai jual yang tinggi dibanding hanya menjual sehelai kain batik saja. Oleh karena itu banyak penjual bahan batik beralih menjadi pengrajin tas batik mengingat laba yang diperoleh lebih banyak. Oleh karena itu kita tidak boleh memandang sebelah mata karena perlu kita ketahui tas batik ini sudah menembus pasar internasional. Ini merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan Indonesia dan kita patut memberikan apresiasi kepada pengrajin yang mengelola bahan batik.

Model-Model Yang Dibuat Oleh Pengrajin Tas Batik

Banyak model yang dihasilkan oleh pengrajin yang akan di perjual belikan dipasar Indonesia. Berbagai model yang dikeluarkan oleh para pengrajin memang sudah mencuri minat konsumen. Para pengrajin biasanya akan memproduksi dengan model dan motif yang terbaru. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini akan saya bagikan model yang sudah ada dipasar Indonesia:

1
Model tas gendong. Sudah banyak kita temui model gendong yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, khususnya yang ada dipulau jawa. Dan telah dibawa oleh semua kalangan dan semua profesi. Dengan model yang simple dan elegan maka banyak orang yang akan membeli. Dijual juga dengan harga yang tidak begitu mahal dibanding dengan yang berbahan cotton, kanvas maupun bahan lainnya yang berasal dari luar negeri.
2
Tas batik laptop. Memang sudah kita akui bahwa pemilik laptop untuk saat ini sudah sangat banyak, bahkan sampai anak kecilpun sudah banyak yang memainkan laptop. Dengan adanya fenomena seperti ini, maka ada beberapa orang yang ingin memiliki tas laptop batik dengan tujuan agar terkesan unik dan menarik.
3
Tas batik jinjing. Tas jinjing memang sudah banyak kita temui dipusat pembelanjaan atau di toko-toko terdekat. Yang berbahan batik ini biasanya dibawa oleh kaum hawa untuk menambah asesoris. Model ini idealnya digunakan untuk acara non formal. Berhubung orang yang memakainya hanya kaum hawa maka grafik penjualan tas batik bermodel jinjing lumayan lambat dibanding dengan model lainnya.

Banyak pengrajin yang memproduksi ketiga model itu. Mereka mengakui bahwa ketiga model itu banyak diminati oleh banyak orang sehingga setiap produksi para pengrajin tas batik tersebut lebih membuat ketiga model tersebut.

Kendala Yang Dihadapi Pengrajin Batik

Tidak semua usaha itu selalu lancar dalam menjalankan usahanya. Jelas ada beberapa kendala yang dihadapi oleh para pengusaha atau pengrajin dalam menjalankan roda usahanya. Begitu juga yang dialami oleh pengrajin tas batik, ada beberapa kendala yang sering dialami oleh para pengrajin. Salah satunya adalah kurangnya tenaga kerja yang bisa membuat berbahan batik. Memang tidak mudah ketika membuatnya. Oleh karena itu wajar saja jika banyak orang tidak bisa dalam membuat tas batik tersebut. Kurangnya pengrajin terkadang membuat jumlah produksi menjadi berkurang dan banyak menolak pesanan dari para supplier yang akan mengirimkan barangnya kepada para pedagang. Jika hal ini terjadi maka akan merugikan pihak konsumen yang akan membelinya.

Selain kekurangan pengrajin, bahan baku tersebut juga kadang tersendat. Jika bahan dasar tersendat maka pengrajin tidak bisa memproduksinya. Jika pengrajin tidak berproduksi maka dipasar akan terjadi kelangkaan tas batik. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus maka tidak heran jika suatu saat akan mengalami gulung tikar.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan dalam tulisan kali ini. Tunggu tulisan saya berikutnya. Semoga sukses..!!!

Artikel

Bpk. Heriyan
5AF8 758A
0818 2222 99
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Ibu Delvine
5A4E 3A10 (Nol)
0818 2200 28
0811 2200 28
157 5 111 001
a/n PT Adipura Mandiri Indotama
BCA CABANG SUMBER SARI
  • Workshop Tas Souvenir
  • New Product Tas Ransel
  • Tas Travel New Product
  • Produk Baru Tas Selempang
  • Tas Troli Baru